SD Negeri 2 Baleharjo

Jl. A. Yani No.45 Pacitan Jawa Timur 63511

Go Green School

Dosa Dosa Kantong Kresek / Plastik

Rabu, 18 April 2018 ~ Oleh Reza Pradana ~ Dilihat 330 Kali

Assalamu'allaikum Sahabat BL2

Kegiatan Gerakan peduli Lingkungan yang di lakukan SDN Baleharjo 2 merupakan kegiatan untuk memberikan edukasi kepada seluruh anak bangsa serta siswa-siswi SD Negeri Baleharjo 2 untuk peduli terhadap kelangsungan kehidupan manusia, jika dunia ini bersih akan kantong kresek atau plastik maka kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan di dunia akan terselamatkan..

Gerakan yang bekerjasama dengan organisasi peduli lingkungan ini memberikan kegiatan untuk menelusur ke taman taman kota dan mengambil kantong kantong plastik/kresek untuk dikumpullkan lalu dipotong serta di tempatkan di dalam botol kegiatan ini tidak hanya membersikan namun juga memberika solusi kepada anak anak untuk menjadikan kantong plastik menjadi sebuah seni walau hanya bermodalkan sebuah botol bekas.

 

kami hanya bisa berdo'a semoga kita semua mendapatkan manfaat semoga dapat memberikan pengetahuan tentang bahanya kantong plastik Dengan kami memberikan Penjelasan tentang bahayanya kantong plastik yang kami kutip dari laman dietkantongplastik.info semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin

Bahaya kantong plastik

MEMICU PERUBAHAN IKLIM
Dari proses produksi, konsumsi, hingga pembuangannya menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim karena kondisi bumi semakin memanas. Sumber material kantong plastik yang terbuat dari minyak bumi, yang merupakan sumber daya alam tak terbarukan, mengakibatkan pencemaran lingkungan di negara-negara berkembang karena limbah pabriknya dibuang ke sungai dan pembakaran gas metana mengakibatkan emisi karbon ke udara.

MENCEMARI LINGKUNGAN
Kantong plastik merupakan barang sekali pakai dengan kegiatan pasca-konsumsi yang tidak bertanggung jawab. Kantong plastik yang dibuang sembarangan bisa menyebabkan:

  • tersumbatnya selokan dan badan air;
  • termakan oleh hewan;
  • rusaknya ekosistem di sungai dan laut;

Karena sampah plastik (khususnya kantong plastik) tidak dikelola dengan bertanggung jawab, hal ini menyebabkan Indonesia “dituduh” sebagai penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia (Jambeck et al, 2015).

BERBAHAYA BAGI MANUSIA
Kantong plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai wadah makanan berpotensi mengganggu kesehatan manusia karena racun pada kantong plastik bisa berpindah ke makanan.

TERURAI SANGAT LAMA
Kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian. Kantong plastik yang diklaim ramah lingkungan pun akan terurai lama dan tetap akan menjadi sampah. Terlebih lagi karena sifatnya yang cepat terurai menjadi mikro plastik, akan lebih mudah untuk mencemari lingkungan.

Kegiatan Berita

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Dwi Suranto, S.Pd

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.Salam dan tetap semangat. Selamat datang di Website SDN Baleharjo 2 PacitanSebagai media informasi dan komunikasi Web SDN…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website Ini Bermanfaat

LIHAT HASIL